Selasa, 18 November 2014

MEMBUAT USAHA

Membuat usaha
Membuat Usaha              :
Membuat usaha tidak boleh sembarangan. Banyak hal yang harus di persiapkan agar usaha yang kita jalankan bisa sukses dan dapat menarik minat konsumen. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan strategi pemasaran dengan mantap. Dalam membuat usaha produk BANDENG PRESTO dan BAKPIA ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan yaitu :

1. Modal
               Modal pertama yang kami butuhkan untuk membuat produk kami tentu berbeda karena produk hewani yang kami produksi bahan bakunya lebih mahal di bandingakan dengan produk nabati. Untuk BANDENG PRESTO kami membutuhkan modal sekitar ± Rp. 2.000.000 sedangkan untuk BAKPIA kami harus menyediakan modal sekitar ± Rp. 1.500.000. Modal tersebut kami pergunakan untuk membeli alat, bahan baku, tenaga kerja, dan keperluan lain-lain seperti bahan bakar untuk memasak, listrik, dll.

2. Bahan Produksi   
               Untuk bahan baku produk makanan nabati kami Bakpia, kami memilih kacang hijau untuk bahan baku utama produk kami. Sedangkan produk makanan hewani yang kami jual BANDENG PRESTO, bahan baku utamanya adalah ikan bandeng. Seperti yang sudah kami katakan bahan baku dari makanan yang telah kami produksi kami seleksi langsung dari petani produksi kedelai kacang hijau dan petani tambak ikan bandeng. Tentunya kami menjamin produk yang kami jual dapat memuaskan para konsumen kami.

3.   3. Tempat Produksi
T                 Pengolahan produk kami, dari pengolahan bahan baku hingga produk siap makan, kami sediakan pada tempat yang cukup luas, bersih dan higienis.

4. Tenaga Kerja
             Untuk membuat usaha bakpia dan bandeng presto rumahan, kami tidak memerlukan banyak tenaga kerja. 3 tenaga kerja saja cukup untuk membantu melancarkan usaha kami. Namun bila banyak pesanan kami baru menambah tenaga kerja sebanyak 2. Untuk memasarkan produksi kami ke berbagai toko dan memasarkan via online terdapat 2 tenaga kerja.

5. Penjualan, Omset, dan Keuntungan
Penjualan :                  
                Setiap bulannya kami dapat menjual sekitar 2000 dus Bandeng presto yang harga perbijinya kami bandro dengan harga Rp. 10.000. Sedangkan untuk bapkia kami mematok harga Rp.7000 untuk setiap dusnya, dan dalam satu bulan kami dapat menjual sekitar 3000 dus bakpia.


Omset: 
                 Dengan banyaknya konsumen yang percaya akan produk yang kami jual kami dapat dengan mudah menjual produk kami, dan keuntungan yang kami peroleh kami rasa sangat cukup.

dengan rincian :

KETERANGAN
PENGELUARAN
1.    MEMBELI BAHAN
                Bandeng Presto
·       Bakpia

±Rp 4.000.000
±Rp 2.500.000
2.       KEMASAN
                Bandeng Presto
·       Bakpia

± Rp. 750.000
± Rp  500.000
3.       PEGAWAI
Rp 3.000.000 (3 orang)
Jumlah
Rp. 10.750.000
Keuntungan
Rp 41.000.000 - Rp 10.750.000
= Rp. 30.250.000
6.       Tempat Pemasaran
Kami memasarkan dengan berbagai cara:

1.      "SWIB KAAN" Alamat  : Jl. Kelud no 3 Juanda 
Kami melayani transaksi pembelian di seluruh Jawa Timur!
2.
3.   Order atau online :
twitter    : @swibkaanosh
facebook: swibkaan bakpia bandeng shop
blog       : swibkaan.blogspot.com
telepon : (031) 87654321

7.       Tujuan Pemasaran          :
                   Kami memasarkan produk BANDENG PRESTO karena komoditas utama masyarakat Sidoarjo adalah bandeng selain itu bandeng presto juga makanan kegemaran para konsumen kami. Sedangkan kami memilih produk BAKPIA khas Sidoarjo karena kami ingin menghadirkan bakpia yang lebih dekat dengan para konsumen yang berada di wilayah Jawa Timur. Agar konsumen juga tidak perlu pergi jauh jauh menuju Jogja untuk sekedar membeli oleh oleh Bakpia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar